Inilah Cara Mudah mencegah Terjadinya Kanker Usus Besar !!!

Inilah Cara Mudah mencegah Terjadinya Kanker Usus Besar !!!


Kesehatan usus merupakan salah satu parameter vital kondisi kesehatan seseorang. Jika terjadi radang di bagian tubuh yg satu ini, tentu tdk akan berdampak baik bagi kesehatan seseorang. Selain itu kanker usus besar merupakan jenis kanker ketiga yg paling umum ditemui. Karena itulah beragam hal ditawarkan untuk menjaga kesehatan usus seseorang, salah satunya kesehatan usus besar.

Kolonoskopi

Ada beragam cara untuk menjaga kesehatan usus besar. Salah satunya adalah dapat dilakukan melalui pemeriksaan kolonoskopi. Kolonoskopi merupakan pemeriksaan tahap awal untuk mendeteksi kondisi kesehatan usus seseorang. Proses ini dianjurkan untuk dilakukan oleh mereka yang berusia 50 tahun. Selanjutnya bisa dilakukan 10 tahun sekali. Namun jika ada riwayat keluarga yang menderita kanker usus, pemeriksaan kolonoskopi dapat dilakukan pada usia 40 tahun.

Anda juga dapat melihat keesehatan usus dari kondisi feses Anda. Salah satu indikasi kondisi usus yang buruk adalah terdapatnya tinja yang berwarna hitam. Tinja yang berwarna hitam dapat mengindikasikan terjadinya pendarahan usus ataupun kanker. Karena itu tidak ada salahnya jika Anda memperhatikan feses yang dikeluarkan tiap kali buang air besar.

Mengkonsumsi Makanan Berwarna-Warni

Buah 

Menjaga kesehatan usus tentu erat kaitannya dengan pemilihan makanan sehari-hari. Untuk menjaga kondisi usus, pilihlah makanan berwarna-warni  yang dapat diperoleh dari sayur atau buah-buahan. Spektrum warna yang ada terdapat pada tanaman yang meliputi vitamin, fitonutrien dan beragam jenis folat akan dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu makanan yang berwarna-warni juga dapat membantu keberagaman mikrobiome dalam tubuh Anda. Nah, mikrobiome ini akan berperan baik bagi kesehatan usus.

Mengurangi Konsumsi Daging

Mengurangi konsumsi daging ternyata juga berperan dalam memelihata kesehatan usus Anda. Terkait hal ini, hasil studi menunjukkan bahwa daging merah dikaitkan dengan resiko yang lebih tinggi terkenanya kanker usus. Sebagai penangkalnya, Anda dapat memilih sumber makanan kaya akan asam omega 3 seperti yang terdapat pada ikan.

Kalsium dan Vitamin D

Tingkat kalsium dan vitamin D juga dikaitkan dengan rendahnya resiko seseorang terkena kanker usus besar. Selain itu, menjaga berat badan dalam porsi yang ideal, membatasi konsumsi alkohol dan berhenti merokok juga dapat meminimalisir resiko terkena kanker usus besar. Sudah sehatkah  kebiasaan harian Anda?

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.foxnews.com

Subscribe to receive free email updates:

close
==== == [Klik disini 1X] [Close] == ====