Habis Makan Siang Kamu Suka Mengantuk? Lihat Ini Alesannya

Habis Makan Siang Kamu Suka Mengantuk? Lihat Ini Alesannya, Setelah istirahat atau makan siang, tak jarang seseorang merasa mengantuk. Jika Anda bertanya-tanya mengenai alasannya, rupanya ada penjelasan ilmiah yang menjawab pertanyaan tersebut.



-Menurut 'Kisah 1001 Fakta Sains Tersuper di Dunia', ada dua hal yang membuat seseorang mengantuk setelah makan siang meskipun telah cukup istirahat di malam hari.

-Pertama adalah L-Tryptophan atau asam amino yang menjadi bahan dasar terbentuknya niacin, vitamin B. Niacin berguna untuk membuat serotonin yaitu zat penghantar sinyal di otak yang menimbulkan perasaan nyaman.
Habis Makan Siang Kamu Suka Mengantuk? Lihat Ini Alesannya
-Makanan yang mengandung banyak karbohidrat merangsang terbentuknya insulin lebih banyak sehingga beberapa asam amino dalam darah bersama-sama dengan L-Tryptophan membuat seseorang jatuh tertidur dengan mudah.

-Sementara itu, proses pencernaan makanan yang sedang bekerja ternyata juga bisa membuat seseorang mengantuk. Saat mencerna, terutama jika makanan banyak mengandung lemak, proses pencernaan membutuhkan lebih banyak energi.

-Saat itu, sistem saraf menyumbangkan banyak stok darah sehingga sebagian sistem saraf kekurangan oksigen. Menurunnya efektivitas kerja saraf membuat seseorang lebih mudah tidur siang setelah makan. 

Sumber forum merdeka
loading...
close
=== [ Klik disini 1X ] [ Close ] ===