SUBHANALLAH...! Ternyata Buah Ini Mampu Menurunkan Kadar Gula Penderita Diabetes! Ini Faktanya

Apakah Anda pernah makan buah duwet? Ya, buah duwet adalah salah satu jenis buah yang mulai dikenal di Indonesia sejak tahun 1911. Tanaman ini pada awalnya tumbuh subur di kawasan Asia Selatan dan masuk ke Indonesia dari beberapa pedagang India. Penyebaran pohon duwet terjadi sangat cepat karena mudah tumbuh di kawasan tropis seperti Indonesia.

Duwet memiliki bentuk buah yang terlihat seperti anggur, dengan karakter warna ungu kehitaman. Buah pada bagian batang akan berkelompok dan sangat menyenangkan untuk dipetik. Tapi sekarang buah duwet mungkin hanya ditemukan dalam jumlah yang lebih sedikit karena banyak pohon yang mulai di tebang. Di beberapa pasar tradisional buah duwet bisa ditemukan pada bulan September hingga Oktober. Tapi ternyata sekarang buah duwet banyak dicari karena terbukti bisa menyembuhkan beberapa jenis penyakit dan manfaat pohonnya secara keseluruhan. Berikut ini adalah beberapa manfaat tanaman duwet yang perlu Anda ketahui.

Duwet memiliki bentuk buah yang terlihat seperti anggur, dengan ciri-ciri warna ungu kehitaman. Buah dibagian batang akan berkelompok dan sangat menyenangkan untuk dipetik. Karena kelangkaannya, buah duwet mungkin saja hanya ditemukan dalam jumlah yang lebih sedikit karena banyak pohon yang mulai di tebang dan tak digunakan.


Di beberapa pasar tradisional buah duwet bisa diketemukan pada bln. September hingga Oktober. Rasanya sendiri memliliki kekhasan dengan kombinasi rasa yang sangat manis dan rasa lengket yang sedikit sepat dan asam. Buah ini memiliki kulit yang sangat mengkilap dengan warna daging buah putih agak keunguan. Zat pektin yang ada dalam daging buah biasanya akan meninggalkan warna ungu pada lidah. Jadi buah duwet sangat enak untuk dikonsumsi dengan beragam kandungan nutrisi yang bisa diketahui pada daging buah. 

Inilah beberapa penjelasan tentang faedah buah langka yang satu ini :



Menangani Masalah Pencernaan

Apabila Anda memiliki masalah pencernaan seperti sakit perut dengan gejala kembung dan sulit untuk buang angin dan sembelit jadi Anda bisa memakai buah duwet. Juice dari buah duwet yang sudah dipisahkan dengan bijinya mempunyai kandungan serat yang cukup, kandungan senyawa gula dalam buah duwet bisa mengatasi permasalahan sakit perut. Apabila Anda tak pernah buat juice buah duwet jadi konsumsi buah duwet segar juga ampuh untuk menyingkirkan kembung.

Sumber Energi Tubuh

Buah duwet sangat menyegarkan dengan rasa manis dan asam. Bahkan buah duwet selalu meninggalkan rasa asam dan sepat untuk lidah. Karbohidrat, protein dan lemak di dalam buah duwet bisa jadi sumber daya yang baik. Diluar itu, buah duwet bisa membantu pemecahan zat pati jadi zat gula.

Melindungi Kesehatan Tulang dan Gigi

Kalsium, Magnesium, Fosfor dan Zat besi yang ada di dalam buah duwet dapat membuat perlindungan sistem kepadatan tulang dan mencegah gigi berlubang. Buah duwet pas untuk lanjut usia dan wanita hamil yang mempunyai kemungkinan diserang radang sendi atau osteoporosis dan kerapuhan tulang.

Turunkan Kandungan Gula pada Diabetes

Kandungan glukosida phytomelin, alfa phytosterol, dan astringent di dalam buah dapat mengontrol kandungan gula dalam darah serta mencegah cholesterol berlebihan dalam tubuh. Astringent dalam buah duwet juga berperan untuk mempercepat penutupan luka untuk pasien diabetes.

Membuat perlindungan Kesehatan Jantung dan Mata

Dalam membuat perlindungan kesehatan jantung, buah duwet memiliki kandungan kalium dan sodium yang bertindak untuk mengatur otot jantung, menolong mengatur detak jantung dan menghindari bermacam type kemungkinan penyakit karena serangan jantung. Terkecuali hal semacam itu, kandungan Vitamin A yang ada di dalam buah duwet disadari untuk melindungi kesehatan mata, memudahkan kemungkinan rabun pada mata dan kebutaan karena katarak.

Itulah beberapa faedah dari buah duwet yang makin jarang kita jumpai saat ini. Walaupun buah duwet ini berlimpah akan faedahnya, biasanya orang malas untuk konsumsi buah ini karena rasanya yang sedikit sepat dan asam. 

Semoga bermanfaat artikel ini ya, silahkan share dan like

Sumber: mediakesehatan.tk

Subscribe to receive free email updates:

close
==== == [Klik disini 1X] [Close] == ====