SUBHANALLAH...! Selain Bisa Dimakan, Ternyata Daun Pakis Bisa Untuk Kesehatan: Ini Resep dan Cara Membuat Daun Pakis

Halo Apa Kabar Pengunjung berita24-jam.blogspot.com? Semoga Dalam Keadaan Sehat Wal'afiat. Dalam Kesempatan Kali Ini Saya Akan Membagikan Artikel Tentang Fakta Unik Pakis-Pakisan.

Anda pasti tahu tumbuhan pakis, pakis yaitu nama lain dari tumbuhan paku, tumbuhan berpembuluh yang perbanyak diri dengan spora. Tanaman pakis tumbuh di daerah kering serta lembab serta dibawah lingkungan yang teduh. Waktu musim seminya, pakis akan keluarkan tunas daun muda yang masih tetap kuncup. Daun pakis muda ini umumnya dimanfaatkan juga sebagai sayuran.



Bahan dan Bumbu Resep Tumis Pakis Spesial

Bahan dan bumbu Tumis Pakis spesial adalah sebagai berikut :
3 ikat (125 gram) pakis, dipetiki 
3 buah (40 gram) ampela, direbus, dipotong-potong 
1 buah tomat, dipotong-potong 
4 butir bawang merah, diiris 
2 siung bawang putih, diiris 
3 buah cabai merah keriting, diiris 
1 sendok makan saus tiram 
1/2 sendok teh garam 
1/4 sendok teh merica bubuk 
1/2 sendok teh gula pasir 
75 ml air 
1 sendok makan minyak untuk menumis

Cara Masak Tumis Pakis Spesial

Cara membuat Tumis Pakis ini cukup mudah. Ikuti langkah langkah berikut ini:

Panaskan minyak. Tumis bawang merah, bawang putih, dan cabai merah sampai harum.
Masukkan ampela dan tomat. Aduk rata. Tambahkan saus tiram, garam, merica bubuk, dan gula pasir. Aduk rata.
Masukkan daun pakis. Aduk rata. Tuang air. Masak sampai matang dan meresap.
Demikian resep Tumis Pakis ini kami sajikan. Silakan anda bisa mencoba membuat Tumisan (stirfry) yang spesial ini.





Selain Bs di bikin tumis daun pukis, tahukah anda bahwa nyatanya daun pakis banyak manfaatnya untuk kesehatan, baik dipakai dengan cara dikonsumsi berbentuk masakan sayur ataupun dipakai juga sebagai obat luar.

Juga sebagai type sayuran yang bisa dikonsumsi dengan mudah, pakis ternyata mempunyai sangat banyak kandungan gizi serta manfaat yang sangatlah baik untuk badan kita. Diluar itu, pakis juga ternyata dapat dipakai juga sebagai obat luar, satu diantaranya dapat anda cobalah tunjukkan panduan tersebut:
Ambillah sebagian helai daun pakis yang agak tua serta keringkan dengan cara dijemur
Malam saat sebelum tidur, masukkan daun pakis kering itu kedalam sarung bantal atau dibawah kain sprei
Gunakan bantal itu untuk tidur dengan sisi bantal yang diisi daun pakis ada dibagian atas serta melekat ke kepala.

Di bawah ini sebagian kegunaan serta efek yang akan anda rasakan saat bangun pagi :

Menyingkirkan kutu serta tungau.

Kutu kasur atau kutu busuk adalah serangga dengan ukuran yang sangatlah kecil yang suka menggigit kulit bahkan juga menghisap darah manusia, mereka umumnya ada di sela-sela kasur atau bantal. Kutu busuk ini menggigit kulit pada saat Anda tertidur entah siang atau malam. Bila telah tergigit oleh kutu busuk ini kulit dapat bentol serta gatal dibarengi dengan rasa panas yang sangatlah tidak nyaman. Dengan meletakan daun pakis kering di sarung bantal serta sprei, kutu busuk dapat mengeluarkan dari persembunyiannya serta menghindar menjauh dari bantal, sprei serta kasur anda.

Menyingkirkan pegal serta membuat otot lebih rilex.

Untuk anda yang pada siang harinya lakukan kegiatan berat seperti olah raga ataupun kegiatan lain yang mengakibatkan otot-otot badan anda merasa begal serta letih, tidur dengan bantal atau kain sprei yang di isi daun pakis kering ini akan rasakan efek lebih fresh saat bangun tidur.

Rasa sakit serta pegal yang mungkin saja anda derita di bagian leher, otot punggung serta otot betis akan hilang dengan lebih cepat tanpa ada butuh dipijat.

Daun pakis kering dapat juga diselipkan segera kedalam sepatu untuk kurangi kelelahan pada kaki saat anda melakukan perjalanan jauh atau mendaki gunung.

Mengobati sakit kepala serta sakit gigi.

Sakit kepala yang anda derita akan cepat sembuh bahkan juga hilang sekalipun saat bangun tidur. Daun pakis kering juga berperan juga sebagai obat luar untuk anda pasien sakit gigi, istirahatlah dengan posisi pipi di bagian gigi yang sakit melekat pada bantal. Efek ini akan lebih merasa bila daun pakis kering ditempel segera ke pipi atau sisi belakang kepala sisi bawah saat anda tidur dengan durasi tidur minimum 4 jam.

Terkecuali dengan cara tadi, daun pakis dapat juga dipakai untuk pengobatan keluhan lain dengan cara tidak sama :

Mengobati Radang Gangren.

Gangren karena sebab kematian jaringan badan, salahsatu penyebabnya yaitu diabetes. Ambillah sebagian daun pakis fresh serta tumbuk halus, tempelkan pada luka gangren, kerjakan dengan teratur. dalam sekian hari radang gangren akan jadi kering.

Mengobati kram serta keseleo

Untuk mengobati kram serta keseleo dapat memakai pakis yang masih tetap fresh tanpa ada mesti dikeringkan, remas-remas pakis fresh tadi serta segera dioleskan pada otot yang alami kram atau keseleo. Rasa sakit mungkin saja akan merasa lebih kuat serta sedikit hangat untuk beberapa waktu sesudah diolesi, namun akan selekasnya hilang!

Mengobati Rhematik

Untuk usaha pengobatan rhematik, pakai daun pakis dengan cara ditumbuk halus serta diperas di ambil airnya selanjutnya digabungkan pada air yang akan dipakai untuk mandi. Atau memakai sisi akarnya, keringkan akar pakis dengan cara dijemur lalu rendam dengan sedikit air sepanjang 12 jam, pakai air itu untuk memijat badan.

Tersebut sebagian manfaat lain pakis untuk kesehatan. Cara ternikmat beroleh manfaat pakis pasti dengan cara konsumsi sayurnya yang terasa memanglah enak, tetapi beberapa cara di atas juga butuh anda cobalah karena cukup mudah dengan dampak manfaat yang melimpah.

Selamat mencoba, silahkan share dan like, mudah-mudahan bermanfaat untuk saudara2 kita. 

sumber: updateterbaruu.tk, resepmenusehat.com

Subscribe to receive free email updates: