Subhanallah...! 17 Cara Mengobati Mata Minus Secara Alami Tampa Operasi

Bagi Anda yang menderita mata minus, pastilah akan mencari cara mengurangi mata minus agar penglihatan bisa kembali normal.  Menderita mata minus memang membuat beberapa hal menjadi terbatas seperti contohnya berolahraga.  Di bawah ini akan diuraikan beberapa cara mengurangi mata minus yang penulis dapatkan melalui pengalaman sendiri ataupun membaca buku-buku dan artikel mengenai cara mengurangi mata minus yang telah beredar di pasaran.

Mata manusia pada dasarnya diciptakan untuk berburu, memandang kejauhan dan kegiatan-kegiatan lainnya yang berhubungan dengan alam, karena hal ini maka mata manusia mampu mengubah tingkat fokusnya dengan sangat cepat.  Namun seiring dengan berkembangnya jaman, mata manusia dipaksa untuk lebih banyak bekerja di lingkungan yang membuat mata memandang pada suatu titik yang sama dalam jangka waktu yang cukup lama, sebagai contohnya: para siswa yang diharuskan untuk banyak membaca buku.  Hal ini mengakibatkan bola mata menjadi kaku yang pada akhirnya membuat bola mata tidak mampu mengubah kembali daya fokusnya, akibatnya adalah menderita mata minus.



SEKILAS MENGENAI PENYEBAB MATA MINUS

Selain hal diatas, ada juga beberapa penyebab mata minus, yaitu:

Faktor Etnis.

Hasil penelitian menemukan bahwa persentase penderita mata minus paling banyak ditemukan pada orang Asia yaitu sebesar 70-90%, kedua pada orang Eropa atau Amerika yaitu sebesar 30-40%, dan terakhir pada orang Afrika yaitu sebesar 10-20%.

Keturunan.

Orang tua yang memiliki bola mata yang lebih panjang (bola mata pada mata minus memang lebih panjang dibandingkan bola mata normal) biasanya akan memiliki keturunan yang memiliki bola mata yang lebih panjang pula.

Kebiasaan yang buruk.

Hal ini adalah penyebab utama kita menderita mata minus, mengingat sebagian besar orang dilahirkan dengan kondisi mata normal.  Contoh kebiasaan buruk yang mengakibatkan mata minus, yaitu: membaca sambil tiduran, memandang tv/layar komputer terlalu lama, memandang suatu objek dalam waktu yang cukup lama tanpa mengalihkan pandangan, kurang memberi nutrisi yang cukup pada mata.

Penyakit.

Terkadang penangan yang salah ketika menderita suatu penyakit atau mengkonsumsi obat-obatan yang terlalu keras bisa memperburuk penglihatan.  Penyakit tertentu juga bisa menyebabkan daya penglihatan menurun, seperti penyakit glukoma.

CARA MENGURANGI MATA MINUS

1. Lepas kacamata jika tidak diperlukan.

Ketika menggunakan kacamata, mata akan terbiasa terfokus pada pusat lensa (bagian tengah kacamata), hal ini menyebabkan otot mata menjadi kaku karena bola mata jarang bergerak untuk memandang ke arah lainnya.  Anda bisa coba buktikan sendiri, ketika menggunakan kacamata, Anda akan lebih banyak menggerakan leher Anda untuk melihat sekeliling Anda dibandingkan menggerakan bola mata Anda.  Selain itu, dengan melepas kacamata, maka Anda juga akan mengurangi ketergantungan pada kacamata.

2. Sering-sering mengganti objek pandangan Anda.

Jika Anda sering menatap satu objek dalam waktu lama, hal itu akan membuat otot mata menjadi kaku, oleh karena itu sering-seringlah mengganti objek yang dilihat, sebagai contoh: setelah menatap layar komputer, alihkan pandangan Anda ke jendela atau halaman rumah Anda selama beberapa saat, barulah kembali menatap computer.

3. Sering-sering menatap objek yang jauh, terutama yang berwarna hijau.

Objek yang berwarna hijau diyakini memberikan dampak positif bagi mata, oleh karena itu cobalah sesekali pergi ke gunung untuk memandang pepohonan.  Apabila dirasa tidak memungkinkan karena keterbatasan waktu, sering-seringlah menatap objek-objek yang jaraknya cukup jauh untuk mengistirahatkan otot mata Anda.

4. Latih mata dengan melihat benda-benda yang bergerak.

Cara mengurangi mata minus yang satu ini bisa dilakukan dengan melihat kendaran yang berlalu-lalang di jalan raya, namun jika dirasa kurang sreg atau membahayakan, Anda bisa menggantinya dengan menggunakan bola ping pong yang dililitkan pada seutas benang.  Tataplah bola ping pong yang diayunkan dari jarak yang tidak terlalu dekat dengan mata Anda.

5. Biasakan untuk menyisihkan waktu 15 menit setiap jamnya untuk mengisitirahatkan mata

Apabila rutinitas mengharuskan Anda untuk sering menatap layar komputer, biasakan untuk mengistirahatkan mata Anda dengan memandang kejauhan minimal 15 menit setiap jamnya.  Hal ini akan sangat mencegah kenaikan mata minus Anda.

6. Lakukan terapi daun sirih.

Daun sirih memiliki berbagai macam khasiat, salah satunya adalah membuang kotoran, mengobati iritasi, mematikan kuman dan jamur pada mata.  Cara untuk melakukan terapi daun sirih adalah:

Ambil 2 lembar daun sirih.
Cuci bersih (jangan direbus karena akan mengeluarkan zat-zat yang terkandung di dalamnya).
Tempelkan pada kelopak mata sebelum tidur (bisa menggunakan bantuan plester agar menempel pada mata).
Pagi harinya, lepas daun sirih dan cuci bersih wajah Anda.

7. Lakukan terapi lilin.

Terapi lilin bisa digunakan untuk membantu mata mengeluarkan kotoran melalui air mata.  Cara untuk melakukan terapi lilin adalah:

Ambil 1 batang lilin dan nyalakan.
Tataplah lilin tanpa banyak berkedip sampai mata Anda banyak mengeluarkan air mata.
Lakukan kira-kira 4x seminggu.

8. Lakukan senam mata.

Senam mata sangat baik dilakukan karena dapat melatih kelenturan otot mata, selain itu cara ini merupakan cara mengurangi mata minus yang paling populer dan paling cepat terasa khasiatnya.  Cara untuk melakukan senam mata adalah:

Tatap lurus ke depan.
Gerakan pandangan ke arah atas secara perlahan-lahan dan pertahankan selama 10 detik.
Gerakan bola mata kembali ke tengah dan pertahankan selama 10 detik.
Lakukan juga poin no.2-3 untuk ke arah bawah, kanan dan kiri.
Setelah poin no.4 selesai dilakukan, lakukan gerakan memutar bola mata Anda 360° searah jarum jam selama 2x.
Gerakan bola mata kembali ke tengah dan pertahankan selama 10 detik.
Lakukan poin no.5, namun kali ini kebalikan dari arah jarum jam.
Istirahatkan mata Anda dengan teknik eye palming.
Lakukan pada pagi dan sore hari.

9. Istirahatkan mata Anda dengan menggunakan teknik eye palming.

Teknik ini dapat membantu mata Anda untuk beristirahat dan baik digunakan setelah Anda melakukan senam mata.  Cara untuk melakukan teknik eye palming adalah:

Gosok-gosokan kedua tangan Anda sampai terasa agak panas.
Tutup kedua mata Anda dan tutupi dengan tangan Anda (jangan sampai menekan bola mata).
Usahakan tidak ada cahaya dari luar yang masuk.
Lakukan beberapa kali sampai mata Anda terasa rileks.
Anda bisa melakukan teknik eye palming ini kapan saja mata Anda mulai terasa penat.

10. Kompres dengan air hangat.

Salah satu cara mengurangi mata minus yang paling penulis sukai adalah cara yang satu ini.  Dengan mengompres mata menggunakan air hangat membuat mata menjadi rileks sehingga urat-urat merah pada bola mata menjadi hilang.  Caranya adalah sebagai berikut:

Ambil handuk kecil yang bersih.
Rendam dengan air hangat (agak panas tidak apa-apa asal jangan sampai membuat kulit melepuh).
Tempelkan pada kelopak mata sambil berbaring.
Ulangi beberapa kali, hasilnya akan langsung terasa, mata yang capek akan disegarkan kembali.

11. Olahraga.

Olahraga membuat peredaran darah Anda menjadi lancar sehingga nutrisi dapat tersalurkan dengan baik ke organ-organ tubuh yang membutuhkan.  Namun apabila Anda menderita mata minus yang cukup tinggi (diatas 5), disarankan untuk tidak berolah raga yang banyak membebankan mata Anda (membuat bola mata menjadi kejang) seperti mengangkat beban yang berat. Hal tersebut bisa membuat lensa mata terlepas dari bola mata (Ablasio Retina) sehingga menyebabkan kebutaan.  Gunakan olahraga yang lebih santai namun tetap bermanfaat seperti: aerobic, bersepeda, jogging, dan berenang.

12. Berjemur.

Berjemur baik agar tubuh mendapat asupan vitamin D, namun lakukan hanya pada pagi hari.  Tutuplah kedua mata Anda dan arahkan pandangan ke matahari sampai bola mata Anda terasa hangat.  Lakukan juga senam leher ketika Anda melakukan hal ini agar sirkulasi darah ke kepala menjadi lancar.

13. Pijatlah titik-titik di sekitar mata Anda.

Dengan memijat titik-titik akupuntur di sekitar mata Anda akan membantu mata menjadi lebih rileks dan melancarkan peredaran darah di sekitar mata Anda.

14. Hindari makanan dibawah ini.

Seperti halnya nutrisi yang baik akan membantu penglihatan Anda agar lebih sehat, begitu pula nutrisi yang buruk akan memperparah kondisi mata Anda.  Makanan yang harus dihindari yaitu:

*Makanan atau minuman yang mengandung kafein, seperti kopi.
*Makanan atau minuman yang mengandung alkohol.
*Makanan atau minuman yang banyak mengandung gula, seperti: permen, es krim, *minuman kalengan, dan lain-lain.
*Makanan atau minuman yang banyak mengandung susu.
*Gorengan.
*Rokok.

15. Konsumsi makanan yang memberikan nutrisi pada mata, terutama suplemen mata.

Cara mengurangi mata minus ini merupakan cara yang paling banyak memerikan keuntungan karena hasilnya berguna bagi kesehatan tubuh Anda, bukan hanya untuk mata saja.  Mata membutuhkan vitamin A, β-carotene, vitamin E, zinc dan berbagai nutrisi lainnya untuk bisa berfungsi dengan baik.  Nutrisi-nutrisi ini dapat Anda memperoleh dengan mengkonsumsi makanan seperti ini, yaitu:

Wortel, kaya akan vitamin A dan β-carotene.
Ikan Salmon, kaya akan omega-3.
Alpukat, kaya akan kandungan lutein.
Kol dan Bayam, mengandung lutein, zeaxanthin dan vitamin C.
Telur, mengandung lutein, vitamin A, vitamin B12, vitamin D, zinc, dan protein.
Tomat, kaya akan vitamin A, vitamin C dan lycopene.
Tiram, kaya akan kandungan zinc (seng).
Apabila Anda mengalami kesulitan untuk mendapatkan nutrisi yang lengkap, disarankan untuk menambah asupan nutrisi dengan mengkonsumsi suplemen.

16. Minum 3 kombinasi buah di bawah ini.

Cara mengurangi mata minus yang satu ini terbukti membuat salah satu teman penulis sembuh dari menderita mata minus, setelah melakukan terapi ini dengan teratur selama 6 bulan, minus 4 yang dideritanya sembuh total, padahal usianya sudah hampir menginjak 40 tahun.  Caranya adalah:

Siapkan buah bit (buah bit berkualitas tinggi berwarna merah dan berasa manis, tidak pahit seperti yang biasa digunakan untuk sayuran), buah belimbing dan buah wortel.
Masing-masing buah di jus secara terpisah menggunakan juice extractor (juicer yang mampu memisahkan ampas dan sari buah), boleh menggunakan air sedikit saja agar sari buah benar-benar murni.
Usahakan menggunakan buah secukupnya agar takaran sari buah yang dihasilkan biasanya ± ¼ dari gelas minum.
Minumlah sari buah bit terlebih dahulu, baru belimbing, dan terakhir baru wortel.
Lakukan terapi pada pagi dan sore hari.

17. Operasi lasik.

Apabila semua cara mengurangi mata minus di atas sudah Anda coba dan tidak memberikan hasil yang memuaskan bagi Anda, maka cara mengurangi mata minus ini dapat Anda tempuh sebagai langkah terakhir.  Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter mata yang dapat dipercaya sebelum menempuh cara mengurangi mata minus ini, mengingat resiko dan biaya yang dikeluarkan tidaklah sedikit.

Demikian kiranya tips dan cara mengurangi mata minus yang kami sampaikan, kiranya cara mengurangi mata minus diatas dapat membantu Anda.

Perhatian: cara mengurangi mata minus di atas membutuhkan latihan yang teratur dan waktu yang cukup sebelum hasilnya dapat terasa, oleh karena itu apabila Anda belum merasakan khasiatnya setelah mempraktekkan cara mengurangi mata minus diatas, kami menyarankan agar Anda tidak cepat putus asa, namun terus melakukan cara mengurangi mata minus karena minimal bisa mencegah minus pada mata semakin bertambah parah.



Sumber: sehat100.com

Subscribe to receive free email updates: