Tips Menghilangkan Dan Meredakann Sakit Diare Secara Alami...

'Diare dan Cara Meredakannya Secara Alami'

Diare pada dasarnya adalah sebuah kondisi di mana tinja berubah menjadi cair atau lembek. Mengalami diare dua hingga tiga kali dalam setahun termasuk normal. Penderita diare umumnya hanya akan mengalami diare selama beberapa hari saja. Namun pada sebagian orang, adapula yang menderita diare kronis. Mereka biasanya menderita beberapa sindrom iritasi usus besar atau memiliki beberapa jenis penyakit usus besar yang membuat organ tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

ilustrasi


Penyebab diare

Penyebab diare cukup bervariasi pada setiap orang. Hal ini karena efisiensi organ juga bervariasi pada setiap orang. Namun sebagian besar orang yang terserang diare umumnya dikarenakan hal-hal berikut ini:

Keracunan makanan karena bakteri.
Penyakit virus.
Alergi.
Efek samping dari obat-obatan.
Efek samping dari radiasi.
Penyakit usus.
Kanker.
Penyalahgunaan narkoba.
Penyalahgunaan obat pencahar.
Alkohol.
Diabetes.
Operasi.

Seseorang yang mengalami diare mungkin akibat dari salah satu penyebab-penyebab tersebut.
Meredakan Diare
Jika terkena diare, anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sesegera mungkin. Alternatifnya, anda bisa meredakannya dengan beberapa cara alami. Namun perlu diingat, ini sifatnya hanya informasi saja dan tidak menggantikan nasihat para ahli. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk meredakan diare, diantaranya adalah :

Mengonsumsi Makanan Yang Tepat
Banyak orang yang terkena diare dikarenakan mengonsumsi makanan yang tidak sesuai dengan kondisi tubuh pada saat itu. Maka, untuk meredakan diare, mengonsumsi makanan yang tepat adalah salah satu solusinya. Beberapa makanan yang baik untuk mengatasi diare adalah :

1. Yogurt
Yogurt merupakan makanan yang baik untuk mengatasi diare, namun cobalah mengonsumsi yogurt yang memiliki kultur bakteri aktif; di mana yang paling sering dijumpai adalah lactobacillus acidophilus, serta Bifidobacterium yang mudah tersedia di pasaran. Yogurt dapat membantu bakteri baik di dalam perut untuk melawan salah satu penyebab diare dengan memproduksi asam laktat sendiri.

2. Jahe
Jahe merupakan salah satu sumber utama kesehatan. Jahe bisa diparut atau dipotong kecil kemudian langsung dikunyah. Anda juga bisa membuat jahe sebagai minuman (wedang) hangat yang nikmat untuk dikonsumsi. Apabila ingin menambahkan sesuatu yang manis, lebih baik jangan menggunakan gula, namun madu.

3. Wortel
Wortel adalah sayuran kaya nutrisi. Mengonsumsi wortel bisa dilakukan dengan banyak cara. Wortel bisa ditumis dengan sedikit minyak atau direbus kemudian langsung dikonsumsi. Wortel juga bisa dibuat sebagai jus yang nikmat. Tingkatkan pengonsumsian wortel selama diare, ada kemungkinan kondisi diare yang dialami akan segera mereda. Wortel mengandung vitamin yang dibutuhkan oleh usus agar menjadi lebih sehat dengan cepat. Makan wortel setiap hari juga dapat membuat sistem pencernaan anda bekerja dengan baik.

4. Kentang
Ketika seseorang menderita diare, ia biasanya disarankan untuk meningkatkan asupan makanan seperti kentang. Akan tetapi jangan mengonsumsinya dalam bentuk gorengan (kentang goreng). Kentang lebih baik diolah dengan cara direbus. Dengan menggoreng kentang, maka kadar gizinya akan berkurang. Jadi cobalah mengonsumsinya dalam bentuk rebusan dengan garam dan merica secukupnya.

Minum banyak cairan

Ketika seseorang mengalami diare, dia harus menjaga dirinya agar selalu tetap terhidrasi. Dalam setiap kasus, penderita diare umumnya kehilangan banyak cairan tubuh akibat tinja berair berlebihan sehingga tubuh perlu pengganti cairan agar fungsi organ di dalamnya bisa berjalan dengan baik. Air putih adalah salah satu pilihan terbaik yang bisa dikonsumsi penderita diare. Sebagai selingan, anda juga bisa mengonsumsi teh jahe karena bermanfaat bagi sistem pencernaan.
Satu juga yang bisa dikonsumsi adalah jus buah. Seperti apel, buah ini mengandung pati sehingga tidak disarankan untuk mengonsumsinya langsung secara utuh karena kemungkinan akan membebani saluran pencernaan. Lebih baik dibuat jus. Demikian pula dengan jus wortel, di mana minuman ini kaya vitamin dan nutrisi sehingga membantu menjaga kadar gizi tubuh tetap baik. Pilihan terbaik lainnya adalah mengonsumsi jus jambu biji. Jus jambu biji dipercaya baik untuk dikonsumsi penderita diare.
Buatlah jus-jus tersebut sendiri, dengan menggunakan buah utuh, bukan membelinya dalam bentuk kemasan yang selama ini banyak ditemukan di swalayan. Alih-alih menggunakan gula, lebih baik tambahkan madu pada jus yang anda buat.

Sumber: https://www.fb.com/permalink.php?story_fbid=492305980950257&id=299945383519652
loading...
close
=== [ Klik disini 1X ] [ Close ] ===